Web Based Lesson

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                : SMP Negeri XX
Kelas/Semester                : VII /2
Mata Pelajaran                  : Matematika

A.  Standar Kompetensi

6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya

B.  Kompetensi Dasar
6.3. Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
C.  Indikator
1.    Memahami konsep segitiga
1.    Menemukan rumus luas dan keliling bangun segitiga
2.    Menyelesaikan permasalahan mengenai  luas dan keliling bangun segitiga
D.  Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
E.  Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar siswa dapat :
1.     Memahami konsep segitiga
2.     Menemukan rumus luas segitiga
2.     Menemukan rumus keliling segitiga
3.     Menerapkan konsep luas dan keliling segitiga dalam kehidupan sehari-hari
F.  Materi Pembelajaran :
LUAS DAN KELILING SEGITIGA
gabung 1
mungkin kalian pernah melihat makanan ataupun benda yang ada pada gambar diatas baik secara langsung maupun melalui media komunikasi lainnya seperti TV dan lain-lain. Lalu ketika melihat nya pernahkah terlntas dipikiran anda berbentuk apakah ketiga gambar tersebut ataupun adakah persamaan dari ketiga gambar tersebut.?
gabung 2
yak, bidang dari gambar  tersebut berbentuk segitiga seperti halnya yang akan kita pelajari pada hari ini.
lalu apakah pengertian dari segitiga dan apakah komponen-komponen dari segitiga tersebut!
images 3
berdasarkan gambar yang kita lihat dapat disimpulkan bahwa segitiga adalah suatu bangun datar yang dibatasi oleh 3 buah sisi yang berupa garis lurus dan 3 buah sudut.
dari definisi segitiga tersebut tentunya langsung dapat kita ketahui komponen-komponen dari segitiga yaitu:
1. sisi
2. sudut
untuk pengelompokkan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya dapat dilihat pada ppt dibawah ini :
sebelumnya kita sudah membahas sedikit tentang pengertian segitiga, komponen-komponen segitiga hingga pada jenis-jenis segitiga.
segitiga juga bisa diketahui luas dan kelilingnya bagaimana cara menentukan rumus luas dari segitiga pertama-tama mari kita saksikan video ini terlebih dahulu yuk! 🙂
http://youtu.be/fo7fb3ysCro
ini juga ada loh video untuk mencari rumus luas segitiga dan keliling segitiga
bagaimana sedikit mengertikan tentang konsepan segitiga setelah menyaksikan 2 videonya?, untuk lebih jelasnya mari kita bahas dibawah ini:

Konsep Luas Segitiga

5

Jika persegi panjang tersebut dibagi menjadi dua menurut diagonalnya, maka terbentuk dua buah segitiga. maka Luas segitiga adalah L = 1/2 x p x ℓ

Dalam segitiga p = a (alas) dan l = t (tinggi).

Dalam mencari luas segitiga bisa juga dicari dari bangun datar yang lain, misalnya jajar genjang.

PEMBUKTIAN RUMUS SEGITIGA L= √(s (s-a )(s-b)(s-c))

Buktikan bahwa rumus luas ∆ABC jika ukuran ketiga sisinya diketahui, yaitu a, b, c adalah

L= √(s (s-a )(s-b)(s-c))

dengan s adalah ½ keliling segitiga tersebut atau s = ½ (a + b + c)
PEMBUKTIAN
sin2 A + cos2 A = 1
sin2 A = 1 – cosA
sin2 A = (1 + cos A) (1 – cos A )
Ingat aturan cosinus:

61

Ingat bahwa s = ½ (a + b + c), maka
1. (a + b + c) = 2s
2. (b + c + a) = (a + b + c) – 2a = 2s – 2a = 2 (s – a )
3. (a + b – c) = (a + b + c) – 2c = 2s – 2c = 2 (s –c )
4. (a + c – b) = (a + c + b) – 2b = 2s – 2b = 2 (s –b )

Sehingga,

Ingat bahwa luas segitiga adalah:

60

Konsep keliling segitiga

Keliling segitiga dapat dicari dengan rumus :

7

K = S1 + S+ S3

Ket :

K = Keliling

S1 = Sisi pertama

S2 = sisi kedua

S3 = sisi ketiga

(http://damarlanhadi.wordpress.com/2012/12/14/menemukan-rumus-luas-dan-keliling-segitiga/)

sebagai pemahaman materi silahkan dicoba-coba soal-soal dibawah ini

1. http://mafia.mafiaol.com/2013/03/contoh-soal-dan-pembahasan-keliling-dan.html

2. http://www.scribd.com/doc/14556801/9/Soal-10-Keliling-Dan-Luas-Segitiga

untuk tugas silahkan download dan kerjakan tugas dibawah ini, selamat bekerja :)!


G.  Langkah-langkah Pembelajaran
1.    Siswa dengan bantuan media yang diberi guru digiring untuk memahami konsep awal materi yang akan dipelajari yaitu  tentang segitiga
2.    Siswa dengan gambaran yang diberikan oleh guru mampu menentukan rumus Luas dan Keliling Segitiga.
3.   Siswa mengerjakan soal yang berisikan permasalahan
H.  Alat dan Sumber Belajar
Alat         : PPT dan Video
Sumber  :
I.     Penilaian
Teknik Penilaian       : Tes keaktifan siswa
Bentuk Instrumen    : Soal Uraian (terlampir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: