RPP Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas VI SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah              : SD X

Mata Pelajaran   : Matematika

Kelas/semester   : IV/1

Standar Kompetensi

  1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah.

Kompetensi  Dasar

1.3  Melakukan operasi perkalian dan pembagian.

Indikator

  1. Memahami konsep perkalian dan pembagian.
  2. Melakukan operasi perkalian dan pembagian.

Alokasi Waktu  : 2 jam pelajaran (1 pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Siswa dapat memahami konsep perkalian dan pembagian.
  3. Siswa dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian.
  1. Materi Pembelajaran
  2. Konsep operasi perkalian dan pembagian.
  3. Operasi perkalian dan Pembagian.
  1. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  2. Pendekatan          : PMRI
  3. Metode                :penggunaan konteks,diskusi, dan pemberian tugas.
  1. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

  1. Apersepsi : Mengingatkan kembali tentang apa yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
  2. Motivasi : Menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari serta memotivasi siswa tentang pentingnya materi yang akan dipelajari.
  3. Megajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengingatkan pengetahuan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari.

Kegiatan Inti:

Guru

Siswa

Guru mengorganisasikan kelas kedalam kelompok- kelompok kecil. Siswa memnentuk kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang.
Guru menayangkan sebuah media pembelajaran (video) yang akan memnatu siswa dalam memahami konsep dari materi yang akan diajarkan. Siswa menyaksikan media pembelajaran yang ditampilkan
Guru menanyakan kepada siswa apakah sudah mulai memahami konsep materi setelah menyaksikan media pembelajaran (video). Siswa mulai memahami konsep materi setelah melihat media pembelajaran.
Sebelum memulai diskusi, guru membagikan lembar kerja kepada siswa. Siswa mendapatkan lembar kerja yang akan digunakan dalam proses diskusi.
Guru memulai proses diskusi dan menentukan waktu yang akan digunakan dalam proses diskusi Siswa memulai proses diskuasi.
Secara berkelompok siswa mengerjakan latihan soal terbimbing, guru berkeliling memberikan bantuan seperlunya. Melalui diskusi dan tanya jawab siwa membahas materi yang dipelajari.
Setelah prosses diskusi pada masing-masing kelompok, guru mengarahkan siswa untuk menyampaikan hasil diskusi siswa pada masing-masing kelompok. Setiap kelompok memiliki perwakilan anggota nya untuk menyampaikan hasil diskusi mereka.

 

 

Kegiatan Penutup

  1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
  2. Siswa dan guru melakukan refleksi kegiatan pembelajaran.
  3. Guru memberikan pekerjaan rumah (terlampir).

H.   Sumber Belajar

1. Objek langsung.

2. Buku paket Matematika kelas IV semester 1.

3. Internet.

  1. Penilaian

Jenis Tagihan                    : Kuis

Bentuk Tagihan                : Uraian

Contoh Instrumen            :

1. Pak Maman pergi kepasar ntuk membeli Anak Ayam untuk dipelihara, ketika dipasar jika harga anak ayam Rp.4.000/ekor maka berapa banyak ayam yang didapat oleh Pak Maman jika ia mempunyai uang sebesar Rp.36.000?

2.

Untitled

Ketika Ranti berulang tahun , ia ingin membagikan kue kepada teman-temannya yang berjumlah 12 orang, jika sebuah kue besar dipotong ranti menjadi 24 bagian ,maka berapa potong kue yang diterima setiap teman ranti?

3.  12 : 3 = ……

4.  42 : 6 = ……

5.  222 : 3 =……

Kunci                                                       skor

1.  9 ekor                                                  20

2.  2 potong                                              20

3.  4                                                          20

4.  7                                                          20

5.  74                                                        20

LEMBAR KERJA SISWA

Nama Kelompok                     :

Kelas                                       :

Anggota Kelompok                :

1.

2.

3.

1. Gambar:

a

Soal : Anisah pergi kepasar bersama ibunya, ketika dipasar Arif dan ibunya ingin membeli beras, jika harga beras Rp.8.000/liter maka berapa banyak beras yang didapat oleh Aif dan Ibunya jika mereka mempunyai uang sebesar Rp.32.000?

2. Gambar

b

Soal : Dalam sebuah kelas yang terdiri dari 30 orang, seorang guru ingin membentuk sebuah kelompok belajar yang terdiri dari 5 orang, dari jumlah siswa yang ada berapakah jumlah kelompok belajar yang akn terbentuk?

3. Riska merupakan anak pertama dari 4 bersaudara, suatu hari ibunya membawa roti sebanyah 8 buah, jika ibunya ingin membagikan roti itu secra adil berapakah roti yang diterima oleh riska?

4. Gambar :

c

Soal : Badu ingin bermain kelereng bersama teman-temanya, jika badu memiliki 3 kantong saku di celana nya sedangkan jumlah kelereng yang dimiliki badu sebanyak 18 buah, maka jika Badu ingin mengisi sakunya secara rata, berapakah kelereng yang harus diisikan pada setiap saku?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: